image

Foto: crash.net

30 Januari 2018 | 09:24 WIB | MotoGP

Pakai Fairing Baru, Marquez Sebut Honda Masih Perlu Temukan Keseimbangan

SEPANG, suaramerdeka.com– Guna meningkatkan performa pembalapnya, Honda menggunakan fairing baru dalam uji coba MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Minggu-Selasa, 28-30 Januari. Pebalap andalan Honda Marc Marquez menyoroti penggunaan fairing tersebut saat menjalani sesi tes pramusim.

“Saya mencobanya, saya tidak ingat, (untuk) dua atau tiga kali. Tentu saja target utama fairing baru itu adalah wheelie, berusaha menghentikan wheelie supaya menambah downforce. Kemudian Anda kehilangan sedikit top speed,” ujar Marquez, mengutip dari Motorsport, Selasa (30/1/2018).

Penggunaan fairing itu lantas dikhawatirkan pebalap berjuluk The Baby Alien, saat menempuh beberapa lap dalam balapan panjang. Penggunaan fairing baru diseut pebalap Spanyol itu, dapat membantu dirinya untuk mengurangi wheelie dan bisa mengerem dengan lebih stabil di lintasan. Namun di sisi lain, ia harus bekerja lebih keras saat motornya memasuki tikungan.

“Tentu saja Anda bisa mengerem lebih stabil jika punya winglet, itu bisa jadi lebih baik. Namun, ketika Anda berusaha lebih keras saat motor di tikungan cepat maka juga terasa lebih berat,” jelasnya.

Lantaran memengaruhi ban, motor Honda, kata Marquez masih perlu menemukan keseimbangan yang baik dengan penggunaan fairing baru. Ia pun berharap dapat menjalani balapan musim ini dengan konsisten sehingga dapat mempertahankan gelar juara dunia MotoGP 2016 dan 2017 yang diraihnya.

“Saya pikir dengan fairing baru kami perlu menemukan keseimbangan motor yang baik, karena untuk satu lap saya bisa membalap dengan baik dan cepat. Namun, saat menggunakannya dengan konsisten, saya sedikit mengkhawatirkan ban depan jadi terlalu panas, atau sesuatu seperti itu,” pungkasnya.

(Andika Primasiwi /RTR /CN26 )