image
18 Maret 2018 | Her Spirit

Mengeksplorasi Desain

  • Seminar dan Workshop Bersama Deden Siswanto

Profesisebagai seorang desainer fesyen dianggap sebagai profesi yang nge-tren. Merancang busana, mengikuti ajang fesyen show, dan mendapat apresiasi masyarakat, terlihat sebagai hal yang bagus dan menjanjikan. Namun bagaimana caranya supaya bisa menjadi seorang desainer yang profesional? Deden Siswanto, desainer anggota IFC (Indonesian Fashion Chamber) menjabarkannya pada acara ”Design Exploration, Seminar dan Workshop by Deden Siswanto”, pada Sabtu (3/3).

Acara yang diadakan IFC Semarang chapter, dan didukung Kadin Kota Semarang tersebut, diselenggarakan di Main Hall Balaikota Semarang. Dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama seminar yang dimulai pukul 9:30 pagi, kemudian diikuti inagurasi, pelantikan anggota sekaligus peluncuran IFC Community Semarang chapter, dilanjutkan fesyen show dari anggota IFC Community yang baru saja dilantik, dan ditutup dengan workshop.

Dalam seminar, Deden menjelaskan mengenai work ethos sebagai desainer fesyen. Bagaimana menjadi seorang desainer sebagai profesi yang menjanjikan, melihat apapun yang bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam berkarya, hingga berkarya dan menjalani bisnis yang harus berkesinambungan.

Adapun dalam workshop, Vice- National Chairman V bagian Product Development tersebut antara lain mengajak para peserta membuat mood-board, sebuah analisa tren visual yang mirip kolase, yang tujuannya sebagai panduan dalam proses kreativitas dalam membuat sebuah koleksi, supaya karya yang dibuat tidak menyimpang dari tema yang telah ditentukan.

Adapun para anggota IFC Community masing-masing menampilkan dua karya mereka dalam fesyen show yang digelar. Mereka adalah Bebby Batik Art, Olif Kinanthi, Umang Futianna, Nuraini, Gege Tugiyono, Fransiska Muftiana, Hadi Winarko, Devis Maghfiroh, Eka Wismana, Novita DP, Hesti Zube, dan Taufik Hidayat.(63)

Teks & Foto:
Irma Mutiara Manggia

SMCETAK TERKINI