18 Maret 2018 | Layar

Oatmil

Korp Suka Rela Ajak Dosen dan Mahasiswa Donor Darah

  • Hari : Rabu (21/3) Pukul : 09.00 WIB

Demisolidaritas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)††Korps Suka Rela (KSR) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang itu diselenggarakan di dua tempat, yaitu gedung H lantai 1 dan pelataran parkir Gedung D.

Dalam pelaksanaannya, KSR Udinus melibatkan mahasiswa dan dosen. Ketua Umum UKM KSR Rafika Faza Amalia mengatakan, kegiatan donor darah merupakan acara tahunan yang digelar tiga kali dalam setahun dalam satu periode kepengurusan.

"Pada periode ini kami selenggarakan pada September, Desember 2017, dan terakhir pada Maret 2018. Kami ingin membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Penderita Thalasemia, misalnya, seumur hidupnya membutuhkan transfusi darah," ujarnya Rafika menambahkan††jika pihaknya terus mensosialisasikan mengenai donor darah kepada masyarakat melalui sosial media. Ia berharap agar kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di lingkup kampus, namun juga di lingungan Sekolah Menengah Atas.

Sementara itu, Admin PMI Kota Semarang Arie Johan Wicaksono mengaku stok darah di PMI hingga saat ini dalam kondisi aman dan tidak terjadi kekurangan stok darah. Saat digandeng KSR Udinus untuk mengadakan donor darah, pihaknya menyediakan sekitar 50 kantong darah. "Antusiasme mahasiswa terhadap donor darah kini mulai meningkat," katanya.

Ia menjelaskan, banyak manfaat yang akan didapat jika melakukan donor darah. Salah satunya, rutin donor darah akan membantu memperlancar peredaran darah dan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Saksikan tayangan serba-serbi kegiatan donor darah KSR Udinus pada Rabu (21/3) pukul 15.00 WIB dalam program Oatmil.(Sofie)

SMCETAK TERKINI