17 Januari 2018 | Edukasia

Ujian Disertasi Manajemen Kependidikan Unnes

SEMARANG- Mardliyah SKM MKes mengikuti ujian terbuka promosi doktor (S-3) Prodi Manajemen Kependidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Rabu (17/1). Ujian terbuka tersebut dilaksanakan di ruang B106 Pascasarjana Unnes Jalan Kelud Utara III Semarang.

Mardliyah mempresentasikan disertasi berjudul ”Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Soft Skill Perawat Rumah Sakit Pendidikan”. Penelitian tersebut dia selesaikan dalam satu tahun enam bulan.

”Saya mengambil judul tersebut karena soft skill sangat penting dan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk mencapai kesuksesan. Bahkan 85% kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh soft skill-nya,” ujar Mardliyah.

Menurutnya, mahasiswa ibarat hulu. Jika hulunya diutamakan maka akan sampai pada hilir. Dengan begitu, penerapan soft skill akan seragam dan saling bersinergi.

Dia mempertahankan disertasi tersebut di hadapan delapan penguji. Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum sebagai ketua penguji, sedangkan sekretaris penguji adalah Prof Dr Achmad Slamet MSi.

Enam penguji lain adalah Prof Dr H Ahmad Rofiq MA, Prof Dr rernat Wahyu Hardyanto, Dr Achmad Rifa’i RC MPd, Dr Titi Prihatin MPd, Prof Dr Sugiyo MSi, serta Prof Dr Rasdi Ekosiswoyo MSc. ”Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan manajemen pendidikan soft skill perawat yang saat ini dilaksanakan di rumah sakit pendidikan.

Selain itu, juga untuk menganalisis desain dan kelayakan model manajemen dan pendidikan soft skill perawat di rumah sakit tersebut,” ujar dia. Mardliyah menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip. Magister Kesehatan juga dia tempuh di universitas yang sama.

Selain itu, dia juga pemrakarsa PAUD, TPQ, Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah Wustha di Kalisoko, Tegal. Selain itu, dia juga pendiri Pondok Pesantren Daarul Qur’an Tegal.(res-49)

Berita Lainnya