image

SM/Eko Fataip - FOTO BERSAMA : Anggota Kowal Lanal Semarang Lantamal V berfoto bersama usai mengikuti apel siaga di Lapangan Apel Mako Lanal Semarang, Jalan RE Martadinata Semarang, Jumat (5/1) pagi. (65)

06 Januari 2018 | Spektrum

Kowal Profesional dan Tangguh

PERINGATANhari ulang tahun (HUT) ke-55 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) juga dilakukan di Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang Lantamal V. Kegiatan yang dilakukan di antaranya anjangsana, ziarah dan kegiatan bakti sosial dengan mengunjungi sejumlah panti asuhan.

Kegiatan diawali dengan apel siaga di Lapangan Mako Lanal Semarang, Jalan RE Martadinata, Semarang, Jumat (5/1).

Palaksa Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang Lantamal V, Letnan Kolonel Marinir Idi Rizaldi mewakili Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas yang memimpin apel tersebut mengatakan, Kowal harus mampu menjadi istri pendamping, pendukung tugas suami sekaligus ibu rumah tangga.

Pengabdian Kowal yang menapaki usia 55 tahun merupakan momentum yang tepat untuk mengenang sejarah perjalanan panjang Korps Wanita TNI Angkatan Laut, berikut keberhasilan dan prestasi yang menyertainya.

”Hal itu tentu tidak terlepas dari kerja keras, pengabdian, dedikasi dan pengorbanan dari segenap para senior, sesepuh purnawirawan Kowal selama berdinas di jajaran TNI AL.

Prestasi yang telah diraih oleh para pendahulu, hendaknya menjadi motivasi dan semangat untuk tetap optimis dalam usaha meraih prestasi setinggitingginya,” kata Rizaldi saat membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Dikatakan pula, di balik keberhasilan tersebut, anggota Kowal hendaknya tidak melupakan kodratnya sebagai wanita Indonesia yang menjunjung tinggi norma adat ketimuran, sehingga korps ini selalu dihargai dan dihormati di manapun bertugas.

Tema HUT Kowal kali ini yaitu ”Korps Wanita TNI Angkatan Laut Bermartabat dan Profesional, TNI Angkatan Laut Kuat”. Karena itu, anggota Kowal harus meningkatkan potensi diri sehingga menjadi prajurit profesional, tangguh dan handal yang diimbangi dengan iman dan taqwa kepada Tuhan.

”Pesan yang terkandung dalam tema tersebut hendaknya menjadi pemicu semangat dan tekad untuk mempersembahkan karya terbaik di satuan masingmasing guna mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut,” imbuhnya

Sementara itu, Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Semarang, Mayor Laut (S/W) Marin Ekawati menambahkan, anggota Kowal Lanal Semarang juga menyempatkan mengunjungi para keluarga warakawuri Kowal.

Marin menyebut, anggota Kowal di Semarang ada 15 personel, dengan pangkat tertinggi mayor. Sebanyak 13 di antaranya bertugas di Lanal Semarang. Sementara, dua anggota lain ditempatkan sebagai oditur militer.(65)

Penulis :Budi Nugraha,Eko Fataip
Penyunting :Wahyu Wijayanto