image

Zaga Digital Video

17 Desember 2017 | Ikapesta

Menangkap Momen Istimewa dengan Videography

  • Oleh Dhaneswari Tiara

MOMENistimewa tentu menjadi hal yang tak ingin dilupakan. Keterbatasan memori manusia memantik orang-orang untuk mengabadikan berbagai kejadian hidup dalam sebuah dokumentasi. Jika dokumentasi foto hanya dapat menangkap ekspresi diam seseorang, berbeda dari dokumentasi video.

Video bekerja menangkap momen-momen spesial dalam gambar bergerak dan bersuara, sehingga momen tersebut dapat lebih jelas dan detail. Kini, videography menjadi hal yang diandalkan oleh kebanyakan orang untuk mengabadikan setiap gerak istimewa dalam momen yang tak kalah istimewa. Berangkat dari hal itu, tiga vendor videography moncer di Semarang siap berbagi cerita tentang videography. Eko Tjahjono, pemilik Zaga Digital Video yang berada di Jalan Trengguli 2/21 Semarang menuturkan, video dapat menangkap kejadian pada suatu waktu dalam bentuk gerak. “Video merupakan gambar gerak, karena itu setiap orang dapat mengingat kejadian pada suatu waktu dalam bentuk gerak,” tutur Eko yang menawarkan jasa dokumentasi wedding party, birthday party, dan company profile dengan peralatan broadcast quality, sehingga menghasilkan gambar HD penuh dan kualitas suara jernih ini.

Eko menuturkan, untuk memperhatikan peralatan dari vendor videography dalam memilih vendor yang akan digunakan untuk mengabadikan momen spesial. “Yang terpenting adalah perlatan yang digunakan oleh vendor harus broadcast quality full HD dan bisa 4K agar hasil video berkualitas tinggi. Selain itu pilihlah vendor dengan bujet terjangkau dan saya sarankan untuk booking jauh-jauh hari paling tidak satu tahun sebelum hari acara,” ujar pemilik akun instagram @zagavideoeko ini.

Momen Bahagia

Bagi Daniel Andika, pemilik Sunflower Videoworks yang beralamat di Karang Kebon Selatan 384 Semarang ini, video dapat bercerita tentang berbagai suasana dengan lebih jelas. “Video bisa lebih bercerita dibandingkan dengan foto.

Suasana bahagia dan suasana haru bisa terdokumentasi dengan lebih jelas. Untuk memilih vendor video yang utama adalah kecocokan antara klien dan vendor, sehingga vendor dapat merespons keinginan dari klien dan melakukan pemecahan masalah dengan baik. Lalu pilihlah vendor yang menawarkan bujet fleksibel,” ucap Daniel yang memiliki akun instagram @sunflower_ photovideo ini. Sunflower Videoworks memiliki ciri khas Fun Story Video yang menyajikan videostory prewedding, morning clip, wedding, action klip samurai, slapstick comedy, drama, dan video based on true story awal pacaran. “Vi d e o s t o r y p re w e d d i n g adalah klip pendek prewedding dengan tema tertentu yang ditentukan klien atau dari saran kami.

Sementara morning klip adalah klip pendek liputan dari make up sampai akad atau pengucapan janji pernikahan bahkan sampai resepsi. Keduanya kami kemas dengan fun video, karena setelah ditayangkan nanti di acara resepsi bisa membuat tamu undangan dan keluarga tertawa. Dan nanti setelah diputar ulang di masa mendatang dapat mengingat momen-momen menyenangkan dari setiap detail kenangan,” tutur Daniel senang.

Zandrew Videography, vendor videography yang diwakili oleh sang pemilik Andreas Himawan Haryanto menuturkan, video memiliki kelebihan karena dapat menangkap suara. “Video adalah gambar bergerak dan bersuara, sedangkan foto hanyalah gambar diam tak bersuara. Dengan demikian, saat mempelai mengucapkan janji pernikahan mereka dapat mengingatnya walaupun di saat usia pernikahan mereka sudah puluhan tahun dengan bantuan video. Bagaimanapun janji pernikahan adalah momen penting dalam pernikahan, sehingga patut diabadikan tidak hanya dalam sebuah foto tapi juga video,” jelas Andreas yang memiliki akun instagram @zandrew_videography ini.

Vendor yang berada di Jalan Kayu Mas Utara B11 Semarang Utara ini juga menawarkan dokumentasi video yang mengutamakan hasil dari proses editing daripada hasil pengambilan gambar. Bagi Andreas, proses editinglah yang mempercantik dan memperindah hasil akhir video. “Klien harus memilih vendor yang memiliki kemampuan editing yang baik.

Pilihlah vendor yang ahli di bidangnya, harga tidak selalu sesuai dengan kualitas. Terkadang ada harga mahal kualitas buruk dan ada pula harga murah namun kualitas bagus. Sesuaikanlah bujet dengan vendor yang akan dipakai lalu booking sejak jauh hari agar punya cukup waktu untuk diskusi konsep antara klien dan vendor,” saran Andreas yang menawarkan dokumentasi prewedding, wedding, cinematic, same day edit, dan cinematography dengan bujet beranekaragam ini.(58)