image

Foto: Istimewa

12 Februari 2018 | 20:34 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Delapan Tim Ramaikan Piala Gubernur Kaltim

JAKARTA, suaramerdeka.com- Delapan tim peserta bakal meramaikan turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 mulai 23 Maret hingga 4 April mendatang. Kedelapan kontestan itu dibagi menjadi dua grup. Untuk Grup A dihuni Pusamania Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar dan Bali United. Sedangkan Grup B diramaikan Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, Madura United dan Sriwijaya FC.

Ketua Panitia Pelaksana PGK 2018, Dayang Donna Faroek mengatakan, semula turnamen ini akan digelar pada 18 Februari. Namun lantaran mepet dengan jadwal final Piala Presiden (17 Februari), ajang PGK diundur jadi 23 Februari. "Kami sempat tarik ulur mengenai jadwal, tapi setelah berkomunikasi dengan PSSI dan PT Liga, akhirnya diputuskan mulai 23 Februari," kata Donna usai temu manajer PGK 2018 di Jakarta, Senin (12/2).

Peserta tahun ini menyusut dibanding edisi sebelumnya. Tahun lalu, kontestan yang ambil bagian mencapai 12 tim. Hadiah untuk kampiun akhirnya juga susut. Jika tahun sebelumnya tim juara mendapat Rp 1,5 miliar, edisi saat ini tinggal Rp 1 miliar. Untuk runner up akan mendapatkan Rp 750 juta, sedangkan peringkat ketiga dan keempat masing-masing Rp 500 juta dan Rp 250 juta.

Selain itu, panitia juga mengalokasikan hadiah untuk pemain terbaik yang akan diberi Rp 150 juta, pencetak gol terbanyak Rp 100 juta dan pemain muda terbaik Rp 75 juta. "Panitia juga menyediakan match fee. Bagi  tim yang menang normal dapat Rp 150 juta, kalah normal Rp 75 juta, menang penalti Rp 110 juta dan kalah penalti Rp 90 juta," ungkap Donna.

Wakil Ketua Panitia Pengarah PGK, Yunus Nusi menambahkan, sesungguhnya peminat turnamen ini lebih dari delapan tim. Bahkan, panitia juga sempat mengajak Persija Jakarta dan Persib Bandung agar bersedia meramaikan ajang tersebut. Namun, Persija masih fokus di Piala AFC, sedangkan Persib memilih mundur.

"Saya yakin, meski turnamen diikuti delapan tim, tak akan mengurangi kualitas permainan. Apalagi, banyak tim dari luar Kaltim yang punya kualitas bagus, ada yang perempat finalis Piala Presiden hingga semifinalis Piala Presiden," ujar Yunus.

Menurut dia, penyelenggaraan turnamen ini juga bisa dipakai ajang persiapan menuju kompetisi Liga 1 yang akan dimulai pada 10 Maret 2018. "Ini pertarungan terakhir pramusim dan saya yakin sangat bermanfaat bagi tim. Turnamen finis tanggal 4 Maret, lalu 10 Maret mulai berkompetisi. Jadi sangat pas sebagai persiapan menuju ke sana," jelasnya.

Sesuai regulasi, setiap klub mendapat kuota mendaftarkan pemainnya antara 18-30 pemain. Selain itu juga bisa mendaftarkan enam pemain asing, tapi yang bermain di lapangan hanya empat orang. Mengenai laga pembuka, panitia baru akan memutuskan dalam tiga hari ke depan siapa lawan siapa. Namun pertandingan pembuka dan final akan digelar di Stadion Palaran, Samarinda, sedangkan pertandingan Grup A digulirkan di Stadion Segiri, Samarinda dan Grup B di Stadion Batakan, Balikpapan.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )