image

BONGKAR RUMAH: Warga Dusun Pramen Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa dibantu para sukarelawan membongkar rumah mereka. Pergerakan tanah di dusun itu makin luas dampaknya.(suaramerdeka.com/M Syarif SW)

11 Januari 2018 | 20:37 WIB | Suara Banyumas

Longsor Makin Parah, Warga Mulai Bongkar Rumah

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com- Warga Dusun Pramen Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa dibantu para sukarelawan dari berbagai unsur, mulai membongkar rumah mereka karena kondisinya rusak dan tidak aman ditinggali. Sukarelawan membantu menurunkan genting, membongkar kusen dan mengangkut barang-barang yang masih berguna ke lokasi yang lebih aman.

Kades Bantar, Eko Purwanto mengatakan, akibat pergerakan tanah yang meluas membuat makin banyak rumah yang rusak dan tidak aman dihuni. Termasuk rumahnya juga sudah dikosongkan karena retak, ambles lantainya dan miring. Sejumlah warga kemudian mengungsi dan membongkar rumah mereka. Ada yang mengambil gentingnya, kaca, pintu, jendela, kusen dan material lainnya yang dapat digunakan lagi.

Warga yang mengungsi dibantu BPBD dan para sukarelawan mengangkut barang-barang seperti lemari, meja dan kursi, perlengkapan dapur dan lainnya ke lokasi pengungsian. Pergerakan tanah yang terus terjadi di permukiman Dusun Pramen membuat warga makin khawatir sehingga jumlah yang mengungsi terus bertambah.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, saat ditemui di posko gabungan mengatakan prioritas utama adalah mencegah korban jiwa, sehingga warga diminta mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Rumah-rumah yang tidak aman ditinggali kemudian dibongkar.

"Warga Dusun Pramen yang mengungsi mencapai 123 keluarga yang terdiri dari 435 jiwa. Mereka mengungsi menyebar ke berbagai lokasi rumah sanak saudara di Desa Bantar yang lebih aman," katanya.

Untuk menangani pengungsi disiapkan logistik permakanan, family kit, alas tidur dan lainnya. Warga yang mengungsi disuplai bahan makanan mentah supaya bisa dimasak sendiri. Dapur umum dan posko kesehatan sudah disiagakan sejak awal terjadi pengungsian.

(M Syarif SW /SMNetwork /CN40 )