image
17 Januari 2018 | 13:23 WIB | SOULUTION

Suka Kerokan Saat Masuk Angin? Cek Fakta Ilmiahnya

EKSPRESI– Cuaca yang nggak menentu seperti sekarang ini kadang bisa bikin badan gampang masuk angin ya. Nah, kalau sudah masuk angin segala aktivitas bisa terganggu karena badan terasa pegal dan linu, kepala pusing, perut kembung, dan lainnya.

Selain minum obat, jurus ampuh orang Indonesia kalau lagi masuk angin apalagi kalau bukan kerokan. Benar? Caranya pun mudah, cukup dengan menggunakan uang koin dan balsam atau minyak angin yang digunakan sebagai pelicin. Lalu uang koin tersebut digerakkan berulang-ulang di kulit secara berulang-ulang sampai kulit menjadi merah.

Setelah dikerok, biasanya badan yang tadinya pegal, bisa kembali segar dan masuk angin pun hilang. 

Kenapa badan yang dikerok sampai merah menggunakan uang koin bisa mengeluarkan angin? Yuk, cari tahu fakta ilmiahnya.

Menghasilkan Endorfin

Saat kerokan, kulit yang dikerok menjajdi merah. Nah, hal tersebut terjadi karena penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah sudah kembali lancar seperti semula. Uang koin ditekan ke kulit dan menyebabkan adanya pemaparan jaringan endotel yang merangsang tubuh untuk menghasilkan endorfin. Kemudian endorfin dilepaskan oleh tubuh yang efeknya membuat tubuh jadi lebih segar setelah dikerok.

Memperlebar Pembuluh Darah

Kerokan juga membuat pembuluh darah yang tadinya menyempit menjadi lebar kembali, terutama di bagian punggung yang pembuluh darahnya kulitnya paling panjang dan menyebar. Saat tubuh dikerok, pembuluh kapiler yang ada di permukaan kulit bakal  pecah. Ini membuat pembuluh darah di sekitarnya jadi melebar. Nah, melebarnya pembuluh darah tadi ditandai dengan membesarnya diameter vaskuler dan adanya perpindahan sel darah putih.

Foto: berbagaisumber

 

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )